Senin, 13 Agustus 2012

B. Hakikat Bangsa sebagai Persekutuan Hidup Manusia

Setiap orang merupakan anggota suatu bangsa. Bangsa merupakan terjemahan dari kata nation yang artinya bangsa. Kata nation ini berubah menjadi national yang artinya kebangsaan. Sehingga lahirlah paham nasionalisme yang artinya paham kebangsaan atau semangat kebangsaan.
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, karena didalamnya terdiri atas banyak suku bangsa yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. ada suku sunda, jawa, betawi, dayak, minangkabau dan lain sebagainya namun semuanya tetap mengatakan sebagai bangsa Indonesia.

Konsep bangsa memiliki dua pengertian, yaitu :
  1. Bangsa dalam arti Sosiologis Antropologis
    Istilah bangsa dalam arti sosiologis dan antropologis dinamakan suku, suku bangsa atau etnik. Hal ini karena pengertian bangsa dalam arti sosiologis antropologis diikat oleh ikatan-ikatan, seperti ras, tradisi, sejarah, adat istiadat, bahasa, agama atau kepercayaan, dan daerah. Ikatan seperti itu disebut sebagai ikatan primordial.
  2. Bangsa dalam arti Politis
    Bangsa dalam arti politis diikat oleh sebuah organisasi kekuasaan/politik, yaitu negara beserta pemerintahannya. Mereka diikat oleh suatu kesatuan wilayah nasional, hukum, dan perundang-undangan yang berlaku.
    Proses terbentuknya bangsa dalam arti politis terdapat dua model, yaitu model ortodoks dan model mutakhir.
    • Model ortodoks
      Terbentuknya bangsa yang telah bernegara bermula dari adanya suatu bangsa terlebih dahulu baru kemudian bangsa itu membentuk suatu negara tersendiri.contohnya:bangsa yahudi mendirikan suatu negara yaitu israel.
    • Model Mutakhir
      Bermula dari adanya negara terlebih dahulu, sedangkan penduduk dari negara itu berasal dari banyak bangsa. Contohnya negara Indonesia dan Amerika Serikat.
  3. Bangsa Indonesia
    Bangsa Indonesia terdiri atas ratusan bangsa yang kemudian disebut suku bangsa atau etnik. Negara Indonesia terkenal sebagai bangsa yang pluralistik, suku-suku bangsa di Indonesia memiliki ikatan-ikatan primordial atau etnik namun karena perasaan senasib dan satu cita-cita inilah yang membuat tumbuhnya rasa nasionalisme.
    Adapun alat pemersatu bangsa tersebut :
    • Bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia
    • Bendera Negara, yaitu Sang Merah Putih
    • Lagu Kebangsaan, yaitu Indonesia Raya
    • Lambang Negara, yaitu Garuda Pancasila
    • Semboyan Negara, yaitu Bhineka Tunggal Ika
    • Dasar falsafah Negara, yaitu Pancasila
    • Konstitusi Negara, Yaitu UUD 1945
    • Bentuk Negara, yaitu Kesatuan Republik Indonesia yang Berkedaulatan Rakyat

Tidak ada komentar: